Minggu, 25 Januari 2009

Presiden RI Meresmikan Peluncuran Program Larasita



Program Layanan Rakyat untuk Sertipikasi Tanah atau yang disingkat LARASITA dengan menggunakan kendaraan roda empat dan dua Selasa lalu (16/12) di Taman Wisata Candi Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah diresmikan peluncurannya oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada kesempatan sambutannya, Presiden RI, Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan program Larasita adalah contoh wujud nyata dari pelayanan BPN RI kepada rakyat dengan jemput bola. Petugas BPN RI mendatangi rakyat dan menembus daerah yang sulit terjangkau. “Oleh karena itu, program Larasita harus didukung dan disukseskan”, kata Beliau.

Lebih lanjut Presiden RI, Bapak SBY menggarisbawahi kebijakan dasar pertanahan yang dikembangkan dalam kegiatan operasional dilapangan, yaitu pertama percepatan legalisasi aset masyarakat, kedua secara sistimatis dan sistemik melakukan Reforma Agraria secara berkesinambungan, ketiga penertiban dan pendayagunaan tanah-tanah terlantar dan keempat konflik dan sengketa pertanahan harus diselesaikan.

Presiden RI, Bapak SBY memberikan penghargaan yang tinggi kepada BPN RI atas terobosan dan inovasinya serta tanggungjawab komitmennya untuk meringankan beban rakyat dengan program Larasita

Diakhir sambutannya Presiden RI, mengatakan ada dua isu pertanahan yang harus dikelola bersama yaitu tanah-tanah terlantar dan penggunaan tanah untuk pembangunan infrastruktur.

Disamping itu Presiden RI, Bapak SBY mengharapkan jajaran BPN RI untuk terus meningkatkan kinerja dan terus membangun citranya yang sekarang ini semakin membaik

Sebelumnya Kepala BPN RI, Bapak Joyo Winoto, Ph.D menyerahkan secara simbolis sertipikat hak atas tanah kepada 8 (delapan) penerima sertipikat dan satu bibit tanaman.

Dalam laporannya Kepala BPN RI, Bapak Joyo Winoto Ph.D menjelaskan program Larasita telah mendapatkan apresiasi dari Bank Dunia “Larasita – Indonesia – pioneering mobile land information services“, juga dari Swedia, Spanyol dan Australia.

Usai acara Presiden RI dan Ibu Ani SBY menyempatkan meninjau mobil Larasita dan mendapatkan penjelasan dari Duta Larasita, Dessy Ratnasari. Beliau juga melakukan penanaman pohon di areal Taman Wisata Prambanan

Hadir dalam acara peluncuran Larasita, Ketua MPR RI, Kapolri, Komisi II DPR RI, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para Gubernur, para Duta Besar, para Bupati/Walikota penerima mobil Larasita, Pejabat Eselon I dan Eselon II BPN RI, Kakanwil BPN Provinsi seluruh Indonesia, Kepala Kantor Pertanahan penerima mobil Larasita serta para Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Tengah.

HUMAS BPN RI


0 komentar:

About This Blog

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP